Sistem Informasi Manajemen (Pertemuan 3)

 assalamualaikum warrahmatuallahi wabbarakatuh. Yang terhormat semua pembaca yang saya hormati. pertama-tama saya panjatakan puji syukur ke hadirat ALLAH swt karena telah memberikan nikma sehat untuk kita semua, disini saya akan melampirkan sebuah teori. 

1. Sebutkan macam-macam pemrosesan data dan jelaskan !
Jawab :
Pengolahan Batch yaitu mengumpulkan data terlebih dahulu kemudian diproses sekaligus.
 Pengolahan On-Line yaitu setiap data yang diinput langsung di dapat output atau hasilnya.
Sistem Real Time yaitu sama seperti pengolahan On-Line hanya saja data yang di update sesuai dengan perubahan waktu.

2. Jelaskan peranan alat input, output, software dalam memecahkan masalah !
Jawab :
Alat input sangat berperan sekali untuk pemecahan masalah, contohnya adalah Keyboard, peran keyboard disini adalah untuk menginput data sehingga data bisa masuk di software.
Banyak unit output yang digunakan dalam pemecahan masalah secara tidak langsung, contohnya: printer digunakan untuk menampilkan laporan-laporan yang berguna sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
Software sangat berperan sekali, sebagai contoh Microsoft Office, dengan software ini suatu perusahaan sangat terbantu sekali dengan adanya software ini, software ini berguna untuk pembuatan laporan, pembuatan grafik dan presentasi dan sebagainya, tanpa adanya software ini, suatu perusahaan akan terhambat dalam operasional administrasinya.

3. a. Apa pengertian dari E-Commerce !
Jawab :
Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission). Secara umum E-Commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik.

b. Sebutkan keuntungan dan kerugian dari E-Commerce !
Jawab :
Keuntungan dari E-Commerce :
Aman dari gangguan pencurian. Penggunaan bukti transfer atau cetakan transaksi e-banking merupakan bukti transaksi pembayaran yang sah dan banyak sekali jaringan atm yang mudah dijumpai.
Efektif dan efisien. Transaksi tidak memerlukan uang tunai serta kedua belah pihak tidak perlu bertemu secara langsung.
Pemasaran secara luas. Penggunaan internet marketing sebagai salah satu metode pemasaran, mampu menjangkau daerah pasar yang luas, dengan biaya yang relatif murah.
Menghemat waktu dan biaya. Kedua belah pihak dapat segera menyelesaikan transaksi, tanpa perlu membuang waktu dan biaya untuk negosiasi atau perundingan harga. 

Kerugian dari E-Commerce :
Barang tidak sesuai dengan contoh. Seringkali ditemui transaksi yang terjadi, tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya di lapangan.
Transaksi ganda. Terkadang jaringan atm atau internet banking mengalami gangguan, sehingga transaksi yang terjadi seringkali gagal diproses, walaupun saldo sudah berkurang. Diperlukan waktu lebih lama untuk mengklarifikasikan transaksi yang telah terjadi pada pihak bank.
Belajar lagi. Penggunaan internet marketing sebagai media pemasaran, memerlukan web hosting dan web domain untuk menawarkan barang/jasa. Belum lagi beberapa metode yang harus dipelajari agar world wide web yang berisi barang/jasa penyedia dikenal masyarakat.
Alamat tidak sesuai. Terkadang penawaran yang terlalu murah sangatlah memikat, namun alamat penyedia layanan tidak sesuai atau fiktif, sehingga rawan penipuan.

4. a. Apa yang Anda ketahui tentang File, sebutkan dan jelaskan Tipe File !
Jawab :
File yaitu himpunan seluruh record yang berhubungan.

Tipe File :
File Induk, file terpenting yang berisi record-record yang sangat di perlukan dalam perusahaan Di bagi menjadi dua, yaitu :
 File Induk Statis : Jarang berubah nilainya, contohnya data karyawan.
 File Induk Dinamis : recordnya sering berubah sebagai hasil dari transaksi, contohnya file persediaan barang.
File Transaksi, digunakan untuk merekam data yang diperoleh dari suatu transaksi, seperti fike transaksi penjualan atau registrasi pengambilan mata kuliah.
File Laporan, disebut juga file output yang berisi informasi yang merupakan hasil pengolahan data yang ada.
File Histori, disebut juga file srsip yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, tapi masih disimpan.
File Salinan, berisi salinan dari file-file yang masih aktif di dalam database pada kurun waktu tertentu.

b. Bagaimana sistem pengorganisasian database tradisional berproses !
Jawab :
Sistem pengorganisasian database masih terpisah-pisah antara database satu dengan database lainnya, sehingga banyak akibat negatif yang ditimbulkan, antara lain :
Redudansi atau duplikasi data. Menyebabkan informasi menjadi kurang akurat, bahkan terjadi perbedaan karena data yang satu sudah di perbaharui sementara duplikatnya belum.
Ketergantungan terhadap program aplikasi tertentu yang di gunakan untuk mengolah masing-masing database yang di bangun.
Ketergantungan terhadap program aplikasi tertentu yang menyebabkan SI yang terbentuk menjadi kurang fleksibel.
Keterpisahan database satu dengan lainnya mengakibatkan tingkat keamanan data menjadi rendah.
Penggunaan data bersama sangat kurang sehingga database kurang dapat dieksplorasi/ diolah untuk menghasilkan laporan-laporan manajeral lintas depatremental.

5. Jelaskan tipe tingkat representasi data dan jelaskan !
Jawab :
Level penyajian penampakan, representasi hasil pengolahan database menggunakan SI dalam format yang mudah di pahami oleh pemakai.
Level konseptual, memperlihatkan file-file data yang dibuat dan hubungannya satu sama lain dalam sebuah lingkungan database.

Level fisik, tahap terendah dari abstraksi data yang memperlihatkan struktur dan jenis data serta bagaimana data tersebut di simpan dan diorganisasikan dalam media penyimpanan.

Demikian yang dapat saya paparkan mengenai  ini , tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahanya. kurang dan lebihnya saya ucapkan terimakasih wabilahitaufik walidayah wasalammualaikum warrahmatuallahi wabbarakatu.

0 Response to "Sistem Informasi Manajemen (Pertemuan 3)"

Posting Komentar

Entri Populer

AKAD-AKAD DALAM BANK SYARIAH AKUNTABILITAS ANALISA KOMPARASI KREDIT KONSUMTIF DI BANK KONVENSIONAL DAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BANK SYARIAH ANALISA SISTEM PEMBERIAN SERTA PENGAWASAN KREDIT PADA BANK ANALISIS DAMPAK BAITUL MAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KAUM DHU’AFA analisis faktor – faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan ANALISIS KEBERLANJUTAN USAHA PADA KOPERASI UNIT DESA DI KABUPATEN PEKALONGAN Analisis Kepuasan Pelayanan Nasabah Terhadap Produk Tabungan Bank Analisis Kinerja Perbankan Dengan Menggunakan Metode CAMEL Analisis Kompetensi Finansial Perbankan (Kasus Bank-bank Go Publik di Indonesia) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN SIKAP MEREK TERHADAP BRAND EQUITY ANALISIS PENGARUH SBI Analisis Peranan Perkembangan Jumlah Giro Analisis Rasio Keuangan Dalam Mendukung Kelayakan Pembiayaan ANALISIS SITUASI PERSAINGAN DAN STRATEGI PEMASARAN PADA PD. BPR BKK DI PURWOKERTO Apa Yang Ingin Teman-Teman Ketahui Seputar Bank Aspek Akuntansi dalam Perbankan Islam (1) Aspek Akuntansi dalam Perbankan Islam (2) Bagaimana Bekerjanya Kebijakan Moneter? Bagaimana ITF diterapkan? BALAI HARTA PENINGGALAN SEBAGAI PENGAMPU KEPAILITAN Bank Century Contoh Manajemen Resiko Yang Buruk BANK INDONESIA Bank Konvensional dan Bank Syariah Bank Syariah Sebagai solusi Yang Adil dan Berkerakyatan Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf A Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf B Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf C Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf D Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf E Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf F Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf G Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf H Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf I Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf J Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf K Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf L Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf M Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf N Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf O Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf P Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf Q Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf R Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf S Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf T Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf U Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf V Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf W Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf Y Berdasarkan Kata / Kalimat Dari Huruf Z BI BOPO dan NPL Terhadap Profit Bank Cara Mudah Dapat KPM Dari Bank Cara Mudah Dapat KPR Dari Bank Cara Mudah Dapat Kredit Mikro Cara Mudah Dapat KTA Dari Bank Dampak Penyalahgunaan Perjanjian Kredit Dari PT. Bank Niaga Oleh CV. Rahayu Terhadap Tanah Objek Hak Tanggungan dampak positif dan negatif DEMOKRASI EKONOMI DAN DEMOKRASI INDUSTRIAL DEWAN GUBERNUR BANK INDONESIA Disagregasi Inflasi EKONOMI ISLAM: APLIKASI DAN PENGEMBANGAN KEILMUAN DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM Etika Bisnis dalam Islam EVALUASI AKUNTANSI PRAKTIK PENGHIMPUNAN DANA Evaluasi Metode Penentuan Harga Faktor Intern dan Ekstern Terhadap Nilai Suatu Bank FDR HUBUNGAN KERJASAMA INTERNASIONAL YANG DILAKUKAN BANK INDONESIA HUBUNGAN PEMBAGIAN KERJA DAN WEWENANG KARYAWAN TERHADAP PRESTASI KERJA PADA BANK BUKOPIN IDENTIFIKASI TRANSAKSI YANG DILARANG Ilmu Ekonomi Islam tidak Kontekstual Ilustrasi dan Penjelasan Mengenai PAPI Implikasi Bunga Bank Haram INFLASI DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP KINERJA REKSA DANA Inflasi sebagai ‘single objective’ INFORMASI MENGENAI DANAREKSA INDEKS SYARIAH ISLAM DAN PERBANKAN Istilah-istilah dalam bidang Bank Syariah Jakarta jenis-jenis bank JUMLAH UANG BEREDAR Karier Anda Di Perbankan KEDUDUKAN BANK INDONESIA SEBAGAI LEMBAGA NEGARA Kerangka Kebijakan Moneter di Indonesia KEWENANGAN PENGADILAN NIAGA MENGADILI PERKARA KEPAILITAN DAN KAITANNYA DENGAN KEBERADAAN PERJANJIAN ARBITRASE KONSEKUENSI YURIDIS DALAM HAL BANK GAGAL MENCAPAI MODAL INTI MINIMUM SEBAGAI IMPLEMENTASI ARSITEKTUR PERBANKAN INDONESIA Koordinasi Kebijakan Moneter dan Fiskal LDR (Loan to Deposit Ratio) Leksikon Istilah Perbankan Indonesia Lokasi Manajemen Perbankan Mendirikan Lembaga Keuangan Mikro Mengapa ITF? Mengevaluasi Tingkat Kesehatan dan Perkembangan Usaha Minimnya Sosialisasi Perbankan Syariah MISI NPL (Non Perform Loan) Pansus Kami Minta Lebih Bijaksana Dalam Kasus Bank Century PAPI 2 Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia (PAPI) PELAKSANAAN PEMBERIAN KREDIT DENGAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH BANK PERKREDITAN RAKYAT Pelayanan cemerlang pada Bank Bukopin Capem Depok Unit Kantor Kas Lenteng Agung Pelayanan dan Prosedur Kredit terhadap Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan Kredit PENDAPATAN BAGI HASIL DAN PERLAKUAN AKUNTANSINYA PADA BANK SYARIAH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PT BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH JAKARTA Penetapan BI Rate Penetapan Target Inflasi PENGANTAR ILMU EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH PENGARUH BUDAYA KAIZEN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI Pengaruh CAR PENGARUH INTERNAL BRANDING TERHADAP SIKAP KARYAWAN MENGENAI BRAND PERUSAHAAN PADA BANK Pengaruh Pemberdayaan Masyarakat Pada Yayasan Bina Masyarakat Sejahtera (BMS) Terhadap Pengembangan Ekonomi Rakyat PENGARUH PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN TERHADAP PROMOSI JABATAN PADA BANK PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA BANK SYARI`AH Pengaruh Tingkat Suku Bunga Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Koperasi Pengenalan Inflasi Pengendalian Inflasi PENGGUNAAN LAYANAN JASA BANK SAFE DEPOSIT BOX PADA BANK JATENG DAN PERMASALAHANNYA Penjelasan BI Rate sebagai Suku Bunga Acuan Penjelasan Operasi Moneter yang dilakukan Bank Indonesia Pentingnya Kestabilan Harga PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PADA BANK ASING Perhatikan Bunga Effektif dan Flat Perhatikan Bunga Fixed dan Floating PROBLEM PENGEMBANGAN PRODUK DALAM BANK SYARIAH Proses Pengambilan Keputusan dalam Penetapan Kebijakan Moneter Proses Pengambilan Keputusan untuk Penetapan Kebijakan Moneter Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) redenominasi ROAD MAP IMPLEMENTASI BASEL II DI INDONESIA Rumus Dasar Kurs Dollar VS Rupiah Salah Satu Sekolah Bankir Terbaik sanering SEJARAH PERBANKAN SYARIAH SEKILAS IMPLEMENTASI BASEL II DI INDONESIA Siapa Peduli ? Sistem dan Prosedur Penanganan dan Penyelesaian Pengaduan Nasabah Produk Kredit dalam Mewujudkan Pelayanan Prima Sistem Dan Prosedur Penerimaan Tabungan Dalam Rangka Meningkatkan Pengendalian Intern pada PT. BPRS Al-Hidayah STATUS DAN KEDUDUKAN BANK INDONESIA Syarat dan Ketentuan untuk menjadi pengurus blog/situs Ilmuperbankan Tabungan dan Deposito Masyarakat Terhadap Perkembangan Jumlah Kredit dan Perkembangan Tinjauan Penerapan Mediasi Perbankan Sebagai Alternatif Penyelesaian Sengketa Antara Nasabah Dengan Bank Melalui Bank Indonesia Transparansi dan Akuntabilitas Kebijakan Moneter TUJUAN DAN TUGAS BANK INDONESIA Tujuan Kebijakan Moneter Bank Indonesia UNDANG-UNDANG BANK INDONESIA VISI DAN SASARAN STRATEGIS BANK INDONESIA